Header Ads

Mesin Pencucian Pasir Silica (Silica Washing Plant) kualitas Flint




PROSES PENCUCIAN / PEMURNIAN PASIR KUARSA 


PERALATAN-PERALATAN YANG DIPAKAI DALAM PROSES PENCUCIAN / PEMURNIAN PASIR KUARSA TERDIRI DARI:


·       Sand Pump (Pompa Pasir) dengan lapisan karet  (Rubber Inner Lining) lengkap dengan electro motor

·       Water Pump (Pompa Air) lengkap dengan electromotor

·       Hopper dan Mixer

·       Rotary Screen lengkap dengan electro motor, gearbox, inverter dsb.

·       Cyclone

·       PVC  dan Rubber pipe lengkap dengan valves, flanges dsb.

·       Devider, 12 set Spiral dan perlengkapannya

·       Conveyor

·       Generator Sets 150 KVA & 126 KVA

·       Electrical Control Panel

·       Excavator  PC 200-6

·       Instrumentation

·       Laboratory Equipments

·       Lightning Arrester/Penangkal Petir



BERIKUT KELENGKAPAN SARANA/BANGUNAN PENUNJANG YANG TERDIRI DARI:

·         Lahan Stockpile (Penumpukan) berikut Proses

·         Kolam Air berikut Pengolahan Air

·         Kantor berikut Pos Jaga

·         Lightings (Lampu Penerangan)

·         Rumah Genset

·         Gudang



A.           PROSES PENCUCIAN / PEMURNIAN PASIR KWARSA SECARA GARIS BESAR DILAKSANAKAN SBB.:

Bahan baku Pasir Kwarsa didatangkan dengan memakai angkutan Dumptruck dari lokasi penambangan yang telah dipilih baik kualitas serta kuantitasnya .

Bahan baku pasir kwarsa tersebut kemudian disalurkan melalui conveyor feeding ke hopper yang dilengkapi dengan screw disalurkan masuk ke rotary.
Dari Rotary screen yang terdiri dari beberapa segment ukuran saringan, pasir kwarsa yang sudah tercuci dan tersaring dengan besaran halus / sedang yang dibutuhkan untuk flint kemudian masuk melalui hopper yang dicampur dengan air dan selanjutnya dipompa menuju ke devider untuk kebutuhan kwalitas flint di alirkan melalui devider ke masing – masing spiral disinilah terjadi pemisahan. Pasir kwarsa dengan unsur HM yang masih tinggi mengumpul ditengah dan disalurkan ke tempat penampungan pasir kwarsa yang bercampur unsure HM tinggi dan pasir kwarsa yang telah relative jauh berkurang dengan kandungan HM disalurkan ke hopper penampungan pasir kwarsa jenis flint.

Setelah masuk hopper pasir kwarsa yang sudah memenuhi persyaratan dengan kandungan HM yang rendah, disalurkan setelah ditambah dengan air bersih dengan pompa pasir ke stockpile penumpukan melalui cyclone yang dipasang diatas menara setinggi + 9 meter.

Cyclone berfungsi sebagai pemisah antara benda cair dan padat, sekaligus juga berfugsi sebagai pencuci pasir kwarsa, sama halnya dengan pemompaan dengan pompa pasir yang dapat berfungsi juga sebagai alat pencuci selain alat penyalur.

Untuk dapat diterima oleh pengguna pabrik gelas / kaca, kandungan HM pasir kwarsa yang dipersyaratkan adalah HM < 1000 ppm dan / atau Fe < 0,08 – 0,1% terutama untuk produksi gelas/kaca jenis putih/benig. Bisa terjadi pada beberapa pabrik glass/kaca.
Pada dasarnya proses pencucian / pemurnian pasir kwarsa adalah mengeliminasi unsur Fe, Cr da HM, seluruh peralatan maupun saluran pipa-pipa maupun penampungan yang dilalui oleh pasir kwarsa, diharuskan tidak bersentuhan (bebas) dengan unsur besi atau sejenisnya. Maka dari itu seluruh peralatan, pipa-pipa dan penampungan untuk pasir kwarsa harus berlapiskan non besi / metal. Jadi semua saluran yang terbuat dari bahan besi / metal, antara lain seperti pompa, pipa besi, cyclone, flange dsb, harus dilapisi dalam hal diperusahaan kami, dengan memakai bahan karet. Sedangkan saluran-saluran yang sudah terbuat dari PVC dan karet, tidak perlu diberikan lapisan.
berikut saya sajikan layout Silica washing plant dan videonya









1 komentar:

Segala hal yang ada diblog ini adalah milik Yuzar Selamet dilarang mengcopy tanpa seizin blogger . Diberdayakan oleh Blogger.